Saturday 27 March 2021

Macam-Macam Batik Indonesia berdasarkan asal daerahnya




Macam-macam Motif/Pola Batik Indonesia sangat bervariasi dan berasal dari berbagai  daerah yang tersebar di Indonesia. Batik memang identik dengan Kota Solo, Jogja dan juga Pekalongan, akan tetapi saat ini sudah dikenal batik yang berasal dari selain kota-kota tersebut. Dewasa ini dikenal pula batik yang berasal dari luar Pulau Jawa, seperti Batik Bali dan Minangkabau, bahkan ada pula Batik dari luar Indonesia seperti Batik Jepang dan Belanda. Untuk lebih mendekatkan kita kepada Batik Indonesia, mari mengenal macam-macam Batik Indonesia dari berbagai daerah:

Macam-macam Batik Indonesia berdasarkan daerah asalnya yaitu :
1. Batik Solo

Kota Solo merupakan daerah yang dikenal dengan kerajinannya, salah satunya adalah batik. Batik Solo sudah dikenal masyarakat umum bahkan hingga mancanegara. Batik Solo setidaknya memiliki lima motif yang paling populer, yaitu motif sido asih, motif ratu ratih, motif parang kusuma, motif bokor kencana, dan motif sekar jagad. Daerah sentral batik di Kota Solo berada di kampung Laweyan.

2. Batik Jogja

Tidak hanya Kota Solo, Kota Jogja juga dikenal juga dikenal dengan kerajinan batiknya. Dahulu batik ini hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja di Yogyakarta, seperti keluarga keraton, akan tetapi saat ini siapa saja bisa menggunakan Batik Jogja. Ada lima motof Batik Jogja yang paling populer yaitu motif kawung, motif parang kusumo, motif truntum, motif tambal, dan motif pamiluto.

3. Batik Pekalongan

Salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan batiknya selain Kota Solo, Ya Kota Pekalongan dengan Batik Pekalongannya. Batik Pekalongan ini tipikal batik dari daerah pesisir yang kaya akan warna, bahkan kita bisa menjumpai satu Batik Pekalongan dengan kombinasi sekitar 10 warna sehingga terkesan atraktif namun tetap dinamis.

4. Batik Madura

Mungkin anda mengenal Madura dengan perlombaan karapan sapinya? Atau mungkin karena Madura merupakan sentra penghasil garam di Indonesia? Tahukan anda kalau Madura juga terkenal dengan batiknya yang bercita rasa dan bernilai tinggi? Ya, Batik Madura. Batik Madura terlihat lebih cerah dibandingkan dengan batik kebanyak, sehingga nampak lebih berani dan tegas.

5. Batik Cirebon

Batik Cirebon atau yang biasa disebut Batik Megamendung merupakan karya seni batik dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Batik ini unik sekali dan berbeda dengan batik kebanyakan, untuk itu Pemerintah Indonesia berusaha agar Batik Cirebon mendapatkan pengakuan sebagai salah satu World Heritage dari Indonesia dengan mendaftarkannya ke lembaga PPB, UNESCO.

6. Batik Jakarta

Mungkin sebagian dari anda belum tahu Batik Jakarta, tapi batik asli Betawi ini memang benar-benar ada. Memang saat ini eksistensi sudah jarang kita temui, akan tetapi dulu batik ini pernah jadi idola dikalangan masyarakat ibukota. Saat ini, pamor Batik Betawi kalah jauh dengan Batik Solo dan Pekalongan, mungkin sudah saatnya kita mengembalikan kembali eksistensi Batik Jakarta.

7. Batik Bali

Bali tidak hanya dikenal dengan Sarung Bali yang sudah mahsyur dan mendunia, akan tetapi Bali juga mempunya kerajinan batik. Ini membuktikan bahwa Batik Indonesia tidak hanya berada di Pulau Jawa saja, melainkan juga dipulau-pulau lainnya di Indonesia. Batik Bali sangat indah karena terinspirasi oleh pesona keindahan alam Pulau Dewata tersebut.

8. Batik Tasik

Selain Kota Cirebon, Jawa Barat juga memiliki daerah sentra produksi batik lainnya, yaitu Kota Tasikmalaya. Batik ini dikenal dengan Batik Tasik, batik ini memiliki daya tarik tersendiri dan cukup digemari dikalangan masyarakat. Kekhasan Batik Tasik adalah warna-warnanya yang cerah dengan gambar flora-fauna yang ada disekitar Tasikmalaya seperti burung, bunga, dan lain-lain.

9. Batik Banten

Provinsi Banten juga memiliki batik yang sudah dikenal masyarakat luas, khususnya dikalangan masyarakat Banten, yaitu Batik Banten. Batik Banten merupakan salah satu batik terbaik didunia dan telah mendapatakan pengakuan internasional. Salah satu keunikan Batik Banten yang tidak dijumpai pada batik-batik lainnya adalah Batik Banten ini sebagai media tell the story (menceritakan sejarah).

10. Batik Minangkabau

Siapa bilang batik cuma ada di Pulau Jawa dan Bali? Pulau Sumatera juga memiliki batik tersendiri yaitu Batik Minangkabau yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Batik Minangkabau biasa disebut Batik Tanah Liek atau dalam bahasa Indonesia Batik Tanah liat, hal ini dikarenakan salah satu pewarna dalam batik tersebut adalah tanah liat. Batik ini sangat indah sekali sayangnya akan sulit untuk kita temui.

11. Batik  Sidoarjo


Sidoarjo memiliki pesonanya tersendiri. Daerah yang identik dengan lumpur Lapindo ini memiliki Kampung Batik Jetis, yang merupakan sentra batik di sana. Dari Kampung Batik Jetislah batik Sidoarjo diproduksi dan dijual ke berbagai tempat. Letaknya yang dekat dengan Surabaya menjadikan perkenomian Sidoarjo menggeliat dengan cepat. Lokasi Kampung Batik Jetis tepat berada di tengah-tengah kota Sidoarjo, tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kampung tersebut.

Hal yang menarik dari Kampung Batik Jetis ini sudah ada sejak lama, konon sudah berdiri sejak tahun 1675. Tidak mengherankan jika nama kampung batik ini begitu melegenda. Yang membedakan batik ini dengan batik daerah lainnya yaitu desain motifnya. Dimana batik tulis asal Sidoarjo lebih dominan dengan motif tumbuh-tumbuhan, mirip dengan batik Bangkalan Madura yang motifnya dominan dengan tanaman merambat seperti terong.

Di sentra batik Jetis ini, anda akan menemukan banyak sekali batik. Di Kampung Batik Jetis,  hampir setiap rumah memiliki toko pakaian tersendiri, dan memajang batik khas Sidoarjo. Sehingga membuat banyak orang tidak kesulitan untuk mencari batik sesuai selera.


Selain kesembilan macam-macam batik Indonesia tersebut, masih banyak lagi kerajinan batik dari berbagai daerah di Indonesia seperti Batik Malang, Batik Aceh, Batik Jombang, Batik Pekalongan, Batik Tulungagung, Batik Kediri, Batik Kudus, Batik Jepara, Batik Brebes, dan batik-batik lainnya. Ini merupakan kekayaan Bangsa Indonesia yang bernilai luhur, sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan budaya bangsa yang mendunia ini.

56 comments:

  1. Yang kerja tugas jangan asal print! Baca dulu isinya! Asal jiplak aja bocah2 sekarang!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akh taek lo! padahal lu ngcopas juga dari sini!
      MIRROR PLEASE!

      Delete
    2. lromi-chase Model Austin White Bio Age Heigt Weight Affairs Family


      FEMALE BODYBULDER

      Read current FEMALE BODYBULDER news in Deshbandhu. Check all the latest and FITTNES MODEL , GYM WORKUT STULE, IFBBMUSCLE, IFBB PRO and more

      Delete
  2. ijin copy ya .. ma aceeeehhhh :D

    ReplyDelete
  3. Thx Min, Tapi Lebih Bagus lagi kalo di tambah funsi nya min kayak buat pernikahan atau apa lah Hehe sorry malah komen

    ReplyDelete
  4. thanks banget nihh min
    buat tugas sekolah adik ane
    hihi :D (y)

    ReplyDelete
  5. Motif batik dari madura apa ya min namany? Mamacih minnn 😽😽

    ReplyDelete
  6. makasih min. emmm pengennya ada kegunaannya dari masing-masing batik

    ReplyDelete
  7. ini kain batik motif mangrove surabaya
    jual kain batik mangrove,kain batik tulis asli, grosir kain batik mangrove, batik berkualitas dengan harga terjangkau.
    http://grosirkainbatikmangrove.blogspot.com/2015/07/kain-batik-mangrove-surabaya-merupakan.html

    ReplyDelete
  8. Min kok gak semuanya ada jenis motifnya??

    ReplyDelete
  9. kok gk ada batik Jonegoroan sih

    ReplyDelete
  10. Terimakasih artikelnya bagus, save indonesian heritage!

    Lembaga Sertifikasi ISO

    ReplyDelete
  11. masih banyak lagi batik di Indonesia :)
    kunjungi juga http://ourbatik.cf/

    ReplyDelete
  12. Izin copy ya min buat tugas sekolah :D

    ReplyDelete
  13. izin copy min buat referensi project RPL saya :)
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  14. BONUS CUMA-CUMA senilai JUTAAN RUPIAH jika berlangganan!!! Dicari Agen Pakaian di Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa, Sumatera, dan seluruh Indonesia. Kami memproduksi beraneka macam pakaian pria, wanita, busana muslim, jilbab, batik, baju koko / taqwa, aksesoris, dan lainnya. Model pakaian modern, Kualitas bagus dan Harga murah. Khusus pembelian grosir / partai. Segera hubungi 083834375641 [0.8.3.8.3.4.3.7.5.6.4.1] / Line : x0fernandes0

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. batik memang sangat unik dan sekarang menjadi trend busana yang dapat dimodifikasi sesuai keinginan salah satu contohnya yaitu contoh batik jogja

      Delete
  16. yang mau liat koleks motif Asli yogyakarta,,yuk liat disini Motif Batik Yogyakarta
    Motif Batik Yogyakarta

    ReplyDelete
  17. Ada juga lho Gamis Bermotif Batik ...
    Kunjungi disini

    Gamis Batik
    Gamis Batik-1

    ReplyDelete
  18. Artikelnya bagus. silahkan kunjungi Blog Batik Nganjuk, Jatim : sinogie.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. izin copy untuk tugas sekolah ya...

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. artikelnya sangat bagus gan dan mudah di pahami saya gan, kalok anda butuh Domain kunjungi di www.jualdomainhostingmurah.com

    ReplyDelete
  22. Salam kenal Saya KI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda memilih jln pintas buat masalah Anda.

    ReplyDelete
  23. Salam kenal Saya KI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda memilih jln pintas buat masalah Anda.

    ReplyDelete
  24. Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D.dan alhamdulillah saya dapat Rp.500.juta.dan semua ini berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL.karena cuma beliaulah yang memberikan angka ghoibnya,yang di jamin 100% tembus,awal saya bergabung hanya memasang Rp.50.ribu,karna saya gak terlalu percaya,ternyatah benar-benar
    tembus,dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi: MBAH SANGKIL di nomor hp (_0852_1049_3757_) insya allah beliau akan membantu kesusahan anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih....

    ReplyDelete
  25. Agenpoker.biz merupakan solusi judi poker online terbaik dalam permainan poker. Segera daftarkan diri anda dan dapatkan Bonus Depo Awal Member Baru dan juga Bonus Pulsa hanya di AGENPOKER.BIZ , Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !!!!

    ReplyDelete
  26. Ayo jangan pernah patah semangat untuk terus melestarikan kain batik ...

    ReplyDelete
  27. Buy Twitter FollowersTwesocial helps you grow your twitter with real twitter followers. Buy Twitter followers and grow with active followers. Real results, real people. Get twitter followers now."

    ReplyDelete
  28. You can use different lipstick shades such as red, orange, and peach all of them will look brillant.

    ReplyDelete
  29. my friends make me agree to buy a diamond ring from a trusted online jeweler Visit here are one of the best among Online jewelers.

    ReplyDelete
  30. Writing a compelling caption that directly hits the essence of your post then visite herewill cherish the followers, and they will instantly smack the love button.

    ReplyDelete
  31. There are plenty of wedding items, which should be a part of your biggest event, and overlooking even a single one may cause you a great inconvenience.

    ReplyDelete
  32. You need to organize your tasks and do only one thing at a time as they say that the passenger of two boats is prone to be drowned then visit here.

    ReplyDelete
  33. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here
    Click Here
    Click Here
    Click For More

    ReplyDelete
  34. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here
    Click Here

    ReplyDelete
  35. i like your article and you may know about electronics shops in dubai by visiting our site

    ReplyDelete
  36. Thanks For sharing Awesome Post. Visit here for further information.

    ReplyDelete
  37. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here

    ReplyDelete
  38. Top 5 PUBG Tips and Tricks - Latest PUBG Myths | New PUBG Glitches | Mythbusters in PUBG Mobile.
    Only 0.05% PUBG Players know about these Tricks. These Tricks will add Fun in your Gameplay. Must Watch.
    Top 5 PUBG Tips and Tricks - Latest PUBG Myths | New PUBG Glitches | Mythbusters in PUBG Mobile

    ReplyDelete
  39. How to improve Aim in PUBG Mobile - Like Pro | New Simulation Training | Advance Drills |Tips Tricks
    only 0.01% Players know about this training. Only Headshot Training.

    How to improve Aim in PUBG Mobile - Like Pro | New Simulation Training | Advance Drills |Tips Tricks

    ReplyDelete
  40. SEASON 17 Royal Pass PUBG Mobile - 1 to 100 RP Rewards SEASON 17| 1 to 100 Royal Pass Confirm Leaks


    SEASON 17 Royal Pass PUBG Mobile - 1 to 100 RP Rewards SEASON 17| 1 to 100 Royal Pass Confirm Leaks


    ReplyDelete
  41. Xiaomi Mi10t Unboxing - 90 FPS Gameplay | Best Phone for PUBG Mobile.
    Specification of Mi 10T
    OS Android 10, MIUI 12
    Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
    CPU Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.80 GHz Kryo 585)
    GPU Adreno 650


    Xiaomi Mi10t Unboxing - 90 FPS Gameplay | Best Phone for PUBG Mobile

    ReplyDelete
  42. 1K Subscribers - Special Montage | Clutch Moments | Best Ever | PUBG Mobile.
    A Worth Watching PUBG Montage. Must Watch.

    1K Subscribers - Special Montage | Clutch Moments | Best Ever | PUBG Mobile

    ReplyDelete

  43. M24 vs AR(Assault Rifle) Challenge | Just like 47 Khalifa | Aggressive Gameplay | PUBG Mobile
    An intense TDMN of PUBG. Must Watch and Commnet Am I Pro or Not?!!


    M24 vs AR(Assault Rifle) Challenge | Just like 47 Khalifa | Aggressive Gameplay | PUBG Mobile

    ReplyDelete
  44. Casino Restaurants Near Hollywood, IL - MapYRO
    Find Casino Restaurants Near 오산 출장샵 Hollywood in Columbus, OH near 창원 출장마사지 Columbus, OH on 제주 출장안마 MapYRO. Browse 강릉 출장안마 62 restaurants and find 출장안마 a table near you.

    ReplyDelete